Search

Lho! Pengusaha Tak Terlalu Optimistis dengan Menteri Jokowi

Lho! Pengusaha Tak Terlalu Optimistis dengan Menteri Jokowi

Jakarta, CNBC Indonesia - Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan menteri-menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Pengusaha menyatakan tidak terlalu optimistis dengan menteri-menteri ini, khususnya yang di sektor ekonomi. Kenapa?

Ketua Bidang Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sutrisno Iwantono, mengatakan pelaku ekonomi tidak terlalu optimistis dilihat dari pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini yang berada di zona merah.

"Sebagai pengusaha kami fokus kepada menteri ekonomi. Pasar saham terlihat  merah, walaupun bursa saham yang lain merah. Tapi ini artinya pasar menanggapi dingin-dingin saja. Kita menghadapi problem jangka pendek yang berat. Dengan komposisi menteri ini, tampaknya kita tidak terlalu optimistis," ujar Iwantono kepada CNBC Indonesia, Rabu (23/10/2019).

Dia memaparkan, dalam kondisi pertumbuhan ekonomi yang melambat seperti saat ini, kuncinya adalah investasi yang harus digenjot. Sementara Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dipegang oleh Bahlil Lahadalia.

"Saya tidak under estimate dengan Bahlil, tapi harusnya investasi dipegang orang yang punya pengalaman internasional. Tentu Bahlil walaupun pengusaha, masih harus diuji, apakah memiliki kemampuan ke arah sana. Sebab investasi adalah kunci untuk memajukan ekonomi," papar Iwantono.

Kemudian variabel kedua untuk menggenjot ekonomi adalah ekspor, yang menjadi domain menteri perdagangan yang saat ini diduduki oleh Agus Suparmanto.

"Saya tidak tahu Agus Suparmanto ini siapa. Harusnya menteri perdagangan dipegang oleh orang yang berpengalaman. Airlangga Hartarto harusnya lebih pas untuk posisi Menteri Perdagangan," jelasnya.

Posisi Airlangga sebagai Menko Perekonomian dinilai Iwantono memang berat. Persoalan ekonomi saat ini cukup serius.

"Lalu soal SDM, kalau Nadiem jadi Mendikbud, itu kita tahu di Kemendikbud birokrasinya luar biasa ribet. Sementara Nadiem punya keahlian di bidang disrupsi, masuk ke lingkungan birokrasi yang tidak dia kenal. Sehingga dia perlu waktu lama," tuturnya.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lho! Pengusaha Tak Terlalu Optimistis dengan Menteri Jokowi"

Post a Comment

Powered by Blogger.