Search

Amien Rais Beri Restu Prabowo Jadi Menhan Jokowi, Ada Apa?

Amien Rais Beri Restu Prabowo Jadi Menhan Jokowi, Ada Apa?

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara perihal restu Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais kepada Prabowo Subianto.

Prabowo, ketua dewan pembina sekaligus ketua umum partai berlambang burung garuda itu, pekan lalu dilantik Presiden Joko Widodo sebagai menteri pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju.

Ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/10/2019), Dasco menilai restu Amien juga disertai dengan syarat.


"Dengan syarat bahwa Pak Amien itu juga akan ikut membantu memonitor supaya langkah-langkah yang dilakukan oleh Pak Prabowo itu memang berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara," kata Dasco seperti dilansir detik.com.

Kendati demikian, Dasco menampik jika ada janji politik khusus antara Amien dan Prabowo. Ia menilai sikap Amien merestui Prabowo menjadi menhan sebagai sesuatu yag positif.

"Kan memang beliau (Amien Rais) teman koalisi kita dari sejak lama. Sehingga apa yang disampaikan Pak Amien itu merupakan support (dukungan), terlebih support kepada Pak Prabowo sehingga Pak Prabowo dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya," ujar Dasco.

Sebelumnya diberitakan, Amien mengaku telah bertemu dengan Prabowo. Amien, tokoh reformasi yang selama ini mengkritik pemerintahan Jokowi, memberikan restu penuh kepada Prabowo.

"Kemudian saya hanya mengatakan embanlah (jabatan menteri pertahanan) Pak Prabowo sesuai dengan cita-cita kita semua," kata Amien kepada wartawan di Masjid Jami' Karangkajen, Yogyakarta, Minggu (27/10) malam.

"Jadi Pak Prabowo harus diberikan fair chance, bahkan kabinet ini pun itu menurut saya jangan dikritik dulu ya. Jadi berikanlah ya tiga bulan sampai satu semester," lanjutnya.

Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, sebelum menerima amanah sebagai menhan, Prabowo sudah bersilaturahmi dan berbicara dengan Amien. Pun dengan Partai Keadilan Sejahtera yang merupakan sekutu Partai Gerindra.

"Iya Pak Prabowo pasti mengajak silaturahmi dan bicara langkah-langkah itu. Dan Pak Prabowo juga kan sejak awal ketika ditawarkan masuk kabinet beliau hanya bersedia bila menjadi menhan karena memang menhan adalah ekspektasi beliau, keahlian beliau, dan memang concern beliau terutama untuk menyelesaikan masalah-masalah ketahanan dan pertahanan di Indonesia," kata Dahnil.

Perubahan sikap Amien direspons positif oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Hal itu disampaikan Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah ketika dihubungi detik.com, Senin (27/10/2019).

"Saat ini Pak Amien Rais menunjukan perubahan cara pandang orientasi dan sikap terhadap Pemerintahan Joko Widodo, terutama dengan masuknya Pak Prabowo sebagai menteri pertahanan Kabinet Indonesia Maju," ujar Basarah.

"Tentu kita menyampaikan ucapan terima kasih terhadap pikiran dan sikap Pak Amien Rais yang sekarang mendukung pemerintahan Pak Jokowi dan Kiai Haji Ma'ruf Amin. Tentu kita berharap dukungan tersebut adalah dukungan yang bersifat konstruktif," lanjut Basarah yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI tersebut.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Amien Rais Beri Restu Prabowo Jadi Menhan Jokowi, Ada Apa?"

Post a Comment

Powered by Blogger.